Mitos Seputar Batu Empedu

Mitos : Batu empedu bisa dihilangkan dengan bantuan pengobatan alternatif atau bantuan paranormal
Fakta : Pernyataan itu sama sekali tidak benar. Tidak mungkin dapat dikeluarkan hanya dengan tindakan yang dilakukan paranormal. Banyak pasien yang datang ke dokter, mengaku sudah dilakukan pengambilan batu oleh dukun. Ternyata saat dilakukan USG ulang batu masih tetap berada dalam kantung empedu. Walaupun pasien mengatakan melihat batu saat di keluarkan dukun dan melihat proses yang berdarah.

Mitos : Obat-obatan diet untuk menguruskan berat badan dapat menyebabkan terjadinya batu empedu
Fakta : Diet keras untuk menurunkan berat badan dengan cepat dapat meningkatkan kekentalan cairan empedu, sehingga lebih rentan mengalami batu empedu.

Mitos : Terapi herbal seperti kumis kucing, jus apel, alang-alang, sambiloto bisa meluruhkan batu empedu
Fakta : Belum ada penelitian yang menjelaskan bahwa obat-obat tersebut bisa meluruhkan batu empedu. Biasanya terapi ini digunakan berdasarkan pengalaman dari seseorang yang sudah pernah mencoba. Pengobatan mengatasi batu dengan obatnya hanya bisa dilakukan pada batu jenis kolesterol.

Mitos : Penderita batu empedu, keluhan akan timbul bila mengonsumsi banyak lemak
Fakta : Makan banyak mengandung lemak, akan menyebabkan kantong empedu berkontraksi sehingga batu empedu dapat terlepas dari kantong empedu dan menyebabkan kolik atau rasa sakit yang hebat.

Mitos : Batu empedu bisa dihilangkan dengan cara ditembak/diobati seperti sinar laser, sebagaimana batu ginjal atau saluran kemih
Fakta : Ada yang menganggap batu empedu bisa dihilangkan dengan cara ditembak/diobati seperti sinar laser, sebagaimana batu ginjal atau saluran kemih. Di luar negeri hal itu bisa dilakukan dengan teknik yang dikenal dengan ESWL (extracorporeal shock wave lithotripsy) atau penembakan batu empedu seperti yang dilakukan pada batu ginjal. Tindakan itu hanya dilakukan batu tunggal dan berukuran kecil, yang diketahui sudah menyangkut, terfiksasi di ujung saluran. Karena resikonya yang besar, maka tindakan itu tidak dianjurkan. Melakukannya tidaklah mudah, sebab saluran empedu berukuran kecil, beda dengan saluran ureter pada ginjal. Apalagi batu empedu relatif lebih mobile (mudah berpindah) sehingga sulit ditebak. Salah melakukan tindakan malah bisa berakibat fatal.


=====================================

>>> Obat Batu Ginjal Herbal Untuk Membantu Meluruhkan Batu Oksalat Di Ginjal dan Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in batu empedu and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *