Batu Saluran Kemih

Banyak orang ketakutan mengalami batu saluran kemih dan ginjal. Selain karena nyeri yang ditimbulkannya akan sangat mengganggu. Bukan itu saja bahayanya. Bila dibiarkan terus menerus hadirnya batu akan menyebabkan ginjal mengalami gagal ginjal. Bila sudah begini, butuh biaya yang besar untuk menanganinya.

Sebenarnya tidak perlu biaya mahal untuk mencegah batu saluran kemih. Minum yang cukup dan yang penting jangan sampai urin menjadi pekat atau berwarna. Dan lagi-lagi pola hidup sehat menjadi syarat utama. Jadi cukup olahraga, jangan sering makan jeroan serta makan yang enak-enak. Mengapa demikian? Batu saluran kemih (saluran kemih terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih dan ureter) terbentuk ketika urin sangat kental. Akibatnya mineral dan berbagai senyawa yang terdapat di dalam urin membentuk endapan Kristal di bagian dalam ginjal. Mineral tersebut diantaranya kalsium, oksalat, fosfat, asam urat dan garam. Dengan sering minum, mineral yang membentuk endapan tersebut akan keluar melalui air seni. Jika tidak, endapan Kristal semakin menumpuk.

Pembentukan Kristal adalah normal terjadi dan tidak berbahaya, selama mampu diekskresikan melalui urin. Namun pada orang tertentu yang memiliki bakat adanya batu, kandungan zat anti agregasi dalam tubuh kurang sehingga Kristal menggumpal dan menjadi batu

Gumpalan Kristal yang menjadi batu akan memiliki ukuran yang bermacam-macam, tergantung letak atau posisi batu. Umumnya batu ginjal berukuran 20-50 mm dan di ureter lebih kecil, yaitu 5-20 mm. Sementara, pada kandung kencing besarnya bisa mencapai 10mm – 100 mm.

Namun, dimanapun posisinya batu dengan ukuran kurang dari 5mm bisa hilang sendiri melalui urin atau dengan bantuan obat. Tapi, jika batu sudah berukuran lebih dari 10mm dan menumbat maka diperlukan tindakan medis dengan cara mengambil batu secara aktif teknik ESWL, UPS, PCNL atau operasi.


=====================================

>>> Obat Batu Ginjal Herbal Untuk Membantu Meluruhkan Batu Oksalat Di Ginjal dan Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in batu empedu and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *